eng
competition

Text Practice Mode

Datuk dan si pencuri betik

created Jan 19th 2023, 06:35 by Zaxdragon


1


Rating

273 words
62 completed
00:00
Kisah ini tentang kehidupan seorang datuk yang hidup sederhana, menjadi orang kampung yang bersahaja.
 
Pada suatu ketika dia mendapati sebuah pohon betik di depan rumah berbuah, walaupun hanya beberapa buah saja tapi sudah cukup masak untuk dipetik.
 
Pada keesokan harinya ketika dia mau memetik buahnya tetapi malangnya buah betiknya hilang dicuri orang.
 
Datuk merasa sedih dan isterinya merasa hairan, kerana melihat si datuk yang murung hanya disebabkan buah betik.
 
Tetapi ternyata yang dipikirkan si datuk adalah betapa susahnya orang yang mencuri itu, dia harus bersembunyi ditengah malam hari supaya tidak ketahuan dan harus memanjat dalam keadaan gelap susah payah untuk memetiknya.
 
Keesokan harinya si datuk sengaja meminjam tangga untuk diletakkan dibawah pokok betik hanya untuk memudahkan jikalau sang pencuri itu datang lagi.
 
Namun pada esok hari ternyata si datuk mendapati buah betiknya masih ada, tangganya pun tidak bergeser sedikitpun, si datuk bersabar dan berharap pencuri itu akan datang lagi pada malam harinya.
 
Namun di hari berikutnya juga tetap saja buah betik itu masih ada di tempatnya.
 
Pada petang hari, ada yang bertamu ke rumah datuk dan dia membawa beberapa buah betik yang besar di tangannya, pemuda ini belum pernah dilihat oleh sang datuk sebelumnya.
 
Dipendekkan cerita setelah berbincang cukup lama dan ketika pemuda itu hendak pulang, pemuda itu dengan sangat menyesal mengaku bahwa dia yang telah mencuri betiknya.
 
Sebenarnya pada malam berikutnya dia hendak mengambil buah betik yang selebihnya,
 
Namun dia tersedar ketika melihat ada tangga dan tersentuh hatinya dengan kebaikan sang pemilik pohon karena kebaikan dan kesabarannya.
 
Dari semenjak itu dia bertekad tidak akan mencuri lagi, untuk itu dia mengembalikan betik si datuk untuk menebus kesalahannya, betiknya dia beli sendiri di pasar.

saving score / loading statistics ...