eng
competition

Text Practice Mode

Ubur-Ubur (Wikipedia)

created Jan 13th 2021, 16:52 by snownfrost


1


Rating

293 words
8 completed
00:00
Ubur-ubur dan ubur-ubur laut adalah nama umum informal yang diberikan pada fase medusa dari anggota agar-agar tertentu dari subfilum Medusozoa, bagaian utama dari filum Cnidaria. Ubur-ubur sebagian besar merupakan hewan laut yang berenang bebas dengan lonceng berbentuk payung dan tentakel yang menjuntai, meskipun beberapa diantaranya berlabuh ke dasar laut dengan tangkai daripada berpindah-pindah. Bel dapat berdenyut untuk memberikan propulsi untuk sangat efisien penggerak. Tentakel dipersenjatai dengan sel penyengat dan dapat digunakan untuk menangkap mangsa dan bertahan dari predator. Ubur-ubur memiliki siklus hidup yang kompleks; Medusa biasanya fase seksual, yang menghasilkan larva planula yang menyebar luas dan memasuki fase polip menetap sebelum mencapai kematangan seksual.
 
Ubur-ubur ditemukan di seluruh dunia, mulai dari permukaan air hingga laut dalam. Scyphozoans ("ubur-ubur sejati") secara eksklusif berasal dari laut, tetapi beberapa hidrozoa dengan penampilan serupa hidup di air tawar. Ubur-ubur yang besar dan sering berwarna-warni biasa ditemukan di zona pesisir di seluruh dunia. Medusa dari sebagian spesies tumbuh cepat, dan matang dalam beberapa bulan kemudian mati segera setelah berkembang biak, tetapi tahap polip, yang menempel di dasar laut, mungkin berumur lebih lama. Ubur-ubur telah ada setidaknya selama 500 juta tahun, dan mungkin 700 juta tahun atau lebih, menjadikannya kelompok hewan multi-organ tertua.
 
Sedikit yang diketahui tentang sejarah hidup banyak ubur-ubur karena tempat di dasar laut di mana bentuk bentik dari spesies tersebut hidup belum ditemukan. Namun, bentuk strobila yang bereproduksi secara aseksual terkadang dapat hidup selama beberapa tahun, menghasilkan medusa baru (larva ephyra) setiap tahun.
 
Spesies yang tidak biasa, Turritopsis dohrnii, sebelumnya diklasifikasikan sebagai Turritopsis nutricula, mungkin secara efektif abadi karena kemampuannya dalam keadaan tertentu untuk berubah dari medusa kembali ke tahap polip, sehingga lolos dari kematian yang biasanya menunggu medusa pasca-reproduksi jika mereka belum dimakan oleh organisme lain. Sejauh ini pembalikan ini hanya diamati di laboratorium.
 

saving score / loading statistics ...