eng
competition

Text Practice Mode

Tes Indonesia

created Jul 22nd 2020, 03:46 by AdakahCintanya


3


Rating

188 words
22 completed
00:00
Sebagai negara hukum yang telah menentukan Pancasila sebagai Falsafah, UUD 1945 sebagai dasar negara, maka semua aturan kenegaraan harus bersumber atau dijiwai oleh Pancasila dan UUD 1945. Begitu penting dan mendasarnya falsafah dan dasar negara tersebut, harus dilakukan dengan pemikiran yang betul-betul komprehensif, arif dan bijaksana. Harapannya adalah falsafah dan dasar negara tersebut dapat dijadikan landasan untuk menuju masyarakat adil dan makmur.  
Konsekuensi Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah membuka ruang membentuk kesepakatan masyarakat bagaimana mencapai cita-cita dan nilai-nilai dasar tersebut. Kesepakatan tersebut adalah kesepakatan kedua dan ketiga sebagai penyangga konstitusionalisme yaitu, kesepakatan tentang The Rule Of Law sebagai landasan pemerintahan atau penyelenggaraan negara (The Basic of Government) dan kesepakatan tentang bentuk institusi-institusi dan prosedur-prosedur ketatanegaraan (The form Of Institutions and Procedures). Kesepakatan-kesepakatan tersebut hanya mungkin dicapai jika sistem yang dikembangkan adalah sistem demokrasi.  
Bahwa Pancasila menjadi pedoman bagi kehidupan kenegaraan dan hukum Republik Indonesia dalam konkretnya dan tidak sekadar cita-cita dalam abstraknya saja,  Pancasila dikatakan Sumber Segala Sumber Hukum, ada beberapa pelbagai karya ilmiah para pakar terdapat pandangan-pandangan yang bervariasi dalam memberikan pengertian terhadap perkataan sumber dari segala sumber itu dengan segala dampak yang ditimbulkan oleh pandangan-pandangan itu.

saving score / loading statistics ...